LIBUR UN ENAKNYA NGAPAIN YA ? ( PART 1 )

Kawan-kawanku, akhi wa ukhti, yang mungkin kemarin-kemarin antum atau anti sudah melaksanakan UN alias Ujian Nasional, Alhamdulillaah, sudah selesai semua. Dan Alhamdulillaah sekarang sudah memasuki liburan panjang.

Libur panjang itu sangat nikmat, ya itu memang benar, karena apa ? karena manusia itu senang dengan kebebasan, nikmat yang lama, jauh tugas yang berat, dan beban-beban kehidupan. Apalagi sekarang libur UN itu bisa lebih daripada sebulan.

Kawanku, libur panjang ini terkadang kita merasa bosan dan jenuh. Mahu main game, bosan gamenya itu-itu terus, mahu main sama teman, bosan mainya itu – itu terus, mau ngenet , paling-paling Cuma buka situs itu-itu lagi, dan kalau di rumah, paling-paling bengong, diam, dan tanpa pikiran. Ya, kalimat bosan itu sering terlontar di hati kita. Kawanku, sadarilah memang itulah kebosanan, kita jenuh dengan dunia, berarti kita harus mengambil hikmahnya, apa hikmahnya ? Ya, hikmahnya adalah bahwa dunia itu kecil, sempit, dan kenikmatannya jauh berbeda dengan nikmat surga kelak.

Namun kawanku, bukan berarti kita bunuh diri supaya cepat akhirat, karena pengeboman bunuh diri dengan anggapan jihad fi sabilillaah adalah kesalahan yang mencemarkan nama baik Islam di mata dunia . Namun bagi kita kaum mukmin, kita jadikan liburan ini sebagai jalan untuk menempuh liburan yang abadi di surga kelak. Namun caranya bagaimana ? Caranya adalah kita beramal shalih sesuai al-Quran dan as-Sunnah. Jadi selama liburan UN yang panjang ini, kita manfaatkan untuk mendekatkan diri kepada Allaah, mengumpulkan pahala, mendapatkan ampunan dosa yang banyak, dan meningkatkan iman serta mempertajam aqidah kita.

Memang berat bagi kita yang sebelumnya tidak biasa banyak mengerjakan amal shaleh apalagi pada saat liburan, yang harusnya dipakai bersenang-senang, ini malah kita mengurangi senang-senang. Namun ingatlah, kesenangan kita selain di dunia juga  di surga, liburan panjang kita ada di surga, di surga Firdaus yang tinggi derajatnya dan banyak nikmatnya.  Walau pertama merasa berat untuk beramal shalih di saat liburan namun kalau dicoba terus menerus, insya Allaah itu akan terasa ringan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s