LIBUR UN ENAKNYA NGAPAIN YA ? ( PART 3 )

Ya, kalau bicara mengenai pahala dan keutamaan amalan, pasti rasanya senang nian. Ya, maka daripada itu, berbanggalah bagi orang yang senang mengharapkan pahala dan surga untuk membaca artikel ini.  Namun ‘afwan artikel ini agak sedikit panjang walau pun tidak semua amalan shalih saya tulis.

Pertama, pahala mengerjakan kebaikan.  Mengerjakan kebaikan pun ada pahalanya, ini berdasarkan hadits sebagai berikut :

Dari Ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘anhu, dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, beliau meriwayatkan dari Tuhannya, Tabaaraka wa ta’aala. Firman-Nya : “Sesungguhnya Allah telah menetapkan nilai kebaikan dan kejahatan, kemudian Dia menjelaskannya. Maka barangsiapa berniat mengerjakan kebaikan tetapi tidak dikerjakannya, Allah mencatatnya sebagai satu kebaikan yang sempurna. Jika ia berniat untuk berbuat kebaikan lalu ia mengerjakannya, Allah mencatatnya sebagai 10 sampai 700 kali kebaikan atau lebih banyak lagi. Jika ia berniat melakukan kejahatan, tetapi ia tidak mengerjakannya, Allah mencatatkan padanya satu kebaikan yang sempurna. Jika ia berniat melakukan kejahatan lalu dikerjakannya, Allah mencatatnya sebagai satu kejahatan”.

(HR. Bukhari dan Muslim dalam Kitab Shahihnya dengan lafazh ini)

Nah,berarti Allaah Maha Pemurah, bayangkan saja ketika kita melakukan kebaikan, pahala kita diberi pahala sampai tak terbatas. Berarti kita amat sangat kaya ya, Alhamdulillaah

Kedua, adalah bertauhid. Bertauhid pun sangat besar pahalanya, tauhid adalah salah satu factor utama penyebab kita masuk ke surga, pahala atau keutamaan tauhid adalah sebagai berikut :

Ubadah bin Shomit Radhiallahu’anhu menuturkan : Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda :

“Barang siapa yang bersyahadatbahwa tidak ada sesembahan yang hak (benar) selain Allah saja, tiada sekutu bagiNya, dan Muhammad adalah hamba dan RasulNya, dan bahwa Isa adalah hamba dan RasulNya, dan kalimatNya yang disampaikan kepada Maryam, serta Ruh dari padaNya, dan surga itu benar adanya, neraka juga benar adanya, maka Allah pasti memasukkanya ke dalam surga, betapapun amal yang telah diperbuatnya”. (HR. Bukhari & Muslim)

Lalu, pahala tauhid yang selanjutnya adalah sebagai berikut :

Imam Bukhori dan Muslim meriwayatkan pula hadits dari Itban Radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah bersabda :

“Sesungguhnya Allah Subhanahu wata’ala mengharamkan neraka bagi orang-orang yang mengucapkan Laailaahaillallaah  dengan ikhlas dan hanya mengharapkan (pahala melihat) wajah Allah”.

Ketiga, yang mungkin bisa kita laukan adalah berdzikir,atau mengingat Allaah. Berdzikir ini bisa dengan lisan, hati (mengingat Allaah di hati) dan yang paling baik adalah dzikir dengan lisan juga hati ( merenungi kalimat-kalimat dzikir yang dibaca oleh lisan). Salah satu contoh berdzikir adalah dengan membaca al-Quran. Tentu kita sudah tahu berapa pahala membaca al-Quran dan ini tidak usah dijelaskan lagi di sini karena ‘afwan materi kali ini sedikit banyak, ditakutkan antum / anti lelah untuk membacanya. Yang akan saya jelaskan dari beberapa hadits shahih adalah pahala  membaca kalimat-kalimat dzikir yang terkenal. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Subhanallah Walhamdulillah Walaailaaha Illallah

Wallahuakbar, (adalah kalimat yang dengan

membacanya) akan ditanamkan bagimu sebatang pohon

dalam syurga “ (Shahih Ibnu Majah).

Lalu kalimat dzikir selanjutnya adalah             :

“Perbanyaklah membaca: Laa haula Walaa

Quwwata Illah Billahkarena merupakan gudang harta

di syurga” (Shahih Ibnu Majah).

Dan masih banyak kalimat dzikir lainnya, seperti alhamdulillaah, allaahuakabar, dll.

Keempat, amalan yang mungkin bisa kita lakukan adalah berbakti kepada orang tua. Berbakti kepada orangtua tidak harus dengan sujud kepadanya, lalu sungkeman kepadanya, bukan seperti itu. Namun dengan menaati perintah-perintah mereka yang tidak bertentanga dengan al-Quran dan as-Sunnah, semisal kita disuruh untuk menyuci mobilnya, ya kita turuti,lalu kita disuruh untuk membelikan beras di warung, ya kita turuti, namun kalau kita disuruh untuk merokok, ya jangan dituruti dan tolaklah dengan tolakan yang baik. Keutamaan berbakti kepada orangtua adalah sebagai berikut :

Dari Abdullah bin Mas’ud katanya, “Aku bertanya kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang amal-amal yang paling utama dan dicintai Allah ? Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, Pertama shalat pada waktunya (dalam riwayat lain disebutkan shalat di awal waktunya), kedua berbakti kepada kedua orang tua, ketiga jihad di jalan Allah” [Hadits Riwayat Bukhari I/134, Muslim No.85, Fathul Baari 2/9]

Kelima, adalah dengan menuntut ilmu agama. Dengan menuntut ilmu agama, kita bisa memiliki cara untuk beribadah. Karena beribadah tanpan ilmu dan berlandaskan pada hawa nafsu itu tidak baik. Dan ini termasuk ke dalam kebid’ahan.

Keenam, setelah anda menuntut ilmu agama, bisa juga dengan mendakwahkannya kepada teman-teman anda atau kepada sanak saudara anda. Ingatlah bahwa pahala berdakwah itu sangat besar dan mengalir terus menerus sekalipun kita telah sudah mati, ini berdasarkan kepada hadits berikut :

“Barangsiapa mengajak kepada

petunjuk, maka baginya pahala sebagaimana pahala-pahala

orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi sedikit pun

dari pahala mereka.”( HR. Muslim )

Ya, itu besar keutamaannya, semisal kita menyuruh orang yang kita didakwahkan untuk membaca kalimat dzikir Subhanallah Walhamdulillah Walaailaaha Illallah

Wallahuakbar dan dia mengamalkannya bahkan mendakwahkan keutamaan dzikir itu kepada orang lain dan orang lain tersebut mengamalkan dzikir itu, maka pahala yang kita dapatkan akan semakin banyak. Mungkin saja setiap hari kita mendapatkan ribuan bahkan jutaan pohon di surga, ini berdasarkan keutamaan dzikir tersebut yang telah dijelaskan di atas.

Dan sebenarnya masih banyak apa-apa saja yang bisa kita lakukan selama liburan UN ini, karena semua kebaikan yang sesuai dengan apa yang dituntunkan oleh Allaah dan rasul-Nya dan para shahabatnya ( shahabat Nabi shallallaahu alaihi wassalaam) adalah sedekah, dan ingatlah bahwa setiap kebaikan yang dilakukan dengan ikhlas, maka akan mendapatkan banyak limpahan pahala.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s